Sabtu, 18 Januari 2014

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tulang Belakang


80% dari penduduk dewasa menderita sakit pinggang yang menahun, tapi hanya 5% yang harus dioperasi. Hampir semua disebabkan karena penggunaan tulang punggung yang tidak benar. Rasa sakit sering terasa dan biasanya sangat sakit di pagi hari pada waktu bangun tidur dan seteah berdiri atau duduk yang terlalu lama juga jika batuk atau bersin yang terus menerus. Rasa sakit akan terasa lebih ringan dengan beristirahat atau merebahkan tubuh. Tetapi jika sakit terasa terus menerus, menjadi lebih buruk pada malam hari, dan terasa sakit biarpun anda dalam keadaan berbaring terlentang, dan juga gejala-gejala seperti demam, berat badan menurun, sakit dan hilang rasa (baal) pada kaki atau kebiasaan buang air besar atau kecil berubah.
Namun, Itu semua masih bisa kita cegah dengan cara melakukan kebiasaan yang baik demi kesehatan tulang belakang kita berikut tips dan kiat yang bisa saya berikan :


  1. DUDUK
    Gunakan kursi yang keras dan letakkan tulang beakang anda secara urus pada senderan kursi. Coba usahakan salah satu atau kedua lutut anda lelbih tinggi daripada pinggul anda.
  2. TIDUR
    Gunakan kasur yang tidak teralu empuk (agak keras). Jangan tidur telungkup. Jika Posisi tidur anda miring, bengkokkan kaki anda pada bagian lutut dan pinggul.
  3. BERDIRI
    Berdirilah dengan bagian bawah belakang anda lurus. Jika anda berdiri untuk waktu yang lama, gunakan sandaran kaki, jangan pakai sepatu yang datar.
  4. SETIR MOBIL
    Gunakan kursi yang keras. Duduklah pada posisi yang baik dan jarak yang cukup supaya kaki anda dapat mencapai peda dengan mudah
  5. CARA MENGANGKAT
    Tekuk pinggul dan lutut bukan belakang anda. Usahakan barang yang akan diangkat dekat dengan tubuh anda. Jangan mengangkat barang yang berat diatas pinggang anda.
  6. OLAHRAGA
    Berolahragalah secara teratur, setelah sembuh dari sakit pinggang supaya otot-otot tidak kaku tetapi lakukan pemanasan dan lemaskan sebelum meakukan latihan yang berat.
  7. ASUPAN ENERGI
    Untuk tambahan bagi anda yang sudah menderita penyakit tulang belakan mungkin harus memperbanyak memakan makanan dan minuman yang membantu menyehatkan tulang sepert yang mengandung vit b atau meminum minuman khusus untuk tulang yaitu susu.
Tulang yang sehat merupakan dampaan semua orang, apabila tulang tidak dijaga semestinya bisa mengakibatkan kerusakan yang tidak main-main. Maka, Jagalah tulang anda sebelum terlambat karena seperti pepatah mengatakan 
lebih baik mencegah daripada mengobati

Tinggalkan Komentar Dan Saran Anda Dengan Sopan ^_^
EmoticonEmoticon